RosalinClinic.co.id

20 Mei 2019 ~ 11:35:59 WIB

Penyebab Tekanan Darah Tinggi

Oleh Admin Web · Kesehatan · Pada 5 Februari 2014 16:19:14 · Dibaca 1.259 kali

Tekanan darah tinggi atau biasa disebut dengan hipertensi adalah sebuah penyakit yang mungkin bisa berbahaya jika tidak segera dilakukan pencegahan. Penyakit ini memiliki banyak pantangan jadi berhati-hatilah bagi anda yang mengidap penyakit darah tinggi ini atau hipertensi.

Tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah pada pembuluh darah arteri lebih tinggi dari normal. Pembuluh darah arteri merupakan pembuluh darah yang memompa darah dari jantung keseluruh organ dan jaringan tubuh. Tekanan darah normal adalah berkisar antara 120/70 mmHg, lebih dari itu bisa dikatakan hipertensi. Ada yang mengatakan 130/80 mmHg masih tergolong normal, tergantung referensi yang dipakai. Hindari Penyebab Tekanan Darah Tinggi Sekarang Juga!

Banyak sekali penyebab tekanan darah tinggi, namun penyebab tekanan darah tinggi yang utama adalah sebagai berikut:

1. Faktor Keturunan
Mungkin anda sudah sering mendengar bahwa jika ada seorang yang memiliki penyakit darah tinggi, maka anak-anaknya akan mengidap penyakit darah tinggi. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Memang, gen atau keturunan merupakan salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi, namun jika sang anak dapat menjaga / mengatur makanan apa saja yang dimakan sehari-hari, maka tekanan darah tinggi dapat dicegah. Hampir semua penyakit berawal dari apa yang kita makan sehari-hari.

2. Usia
Semakin bertambah usia seseorang, maka orang tersebut semakin beresiko untuk mengidap tekanan darah tinggi. Alasannya adalah semakin tua seseorang, maka semakin menurun pula efektifitas organ tubuh, termasuk elastisitas dari pembuluh darah juga menurun sehingga mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Alhasil tekanan darah menjadi meningkat. Hal ini sudah dibuktikan dalam banyak penelitian diluar negeri.

3. Pola Makan
Faktor selanjutnya yang memiliki pengaruh besar pada penyakit hipertensi adalah pola makan. Makanan tinggi kalori, garam, lemak, kolesterol, dan karbohidrat sederhana dapat menjadi penyebab tekanan darah tinggi yang utama, meskipun tidak memiliki kedua faktor diatas. Jika anda termasuk memiliki pola makan seperti ini, sudah saatnya beralih ke pola hidup sehat. Makanlah makanan yang sehat tepat pada porsinya, tidak kurang dan tidak lebih.

4. Obesitas
Masih banyak orang yang beranggapan bahwa gemuk itu sehat. Pendapat ini sama sekali salah dan menjerumuskan. Obesitas atau berat badan berlebih bisa menjadi salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi pada remaja dan wanita. Selain itu obesitas juga dapat menjadi penyebab penyakit berbahaya yang lain. BMI atau body mass index menjadi salah satu acuan standar untuk mengetahui apakah seseorang itu obesitas atau tidak.

5. Stress
Hormon adrenalin dapat meningkat sewaktu kita berfikir terlalu keras atau stress. Jika ini terjadi, maka jantung akan memompa darah lebih cepat sehingga tekanan darah akan meningkat. Biasanya tekanan darah akan menjadi naik dalam satu waktu saja. Stress juga dapat menyebabkan seseorang cenderung makan makanan yang lebih banyak atau juga bisa sebaliknya, bisa tidak memiliki nafsu makan

6. Gender
Hingga usia 45, pria lebih beresiko mengalami tekanan darah tinggi. Pada usia 45 hingga 64, baik pria maupun wanita memiliki tingkat resiko yang sama. Tetapi, justru pada usia di atas itu, wanita lebih beresiko.

7. Kafein, rokok dan alkohol
Kafein dan alkohol bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi. Bagi anda yang suka kopi, rokok atau alkohol, ada baiknya untuk segera meninggalkan kebiasaan buruk tersebut dan ikuti pola hidup sehat.

8. Kurang olahraga
Kurang aktifitas tidak hanya dapat melebarkan lingkar pinggang, tetapi juga beresiko untuk darah tinggi seseorang. Biasanya ini terjadi pada orang yang bekerja di kantoran dan kurang memiliki waktu berolahraga.

9. Sleep Apnea
Penyakit sleep apnea juga dapat menjadi penyebab penyakit darah tinggi. Silahkan menghubungi dokter anda jika mengalami masalah ini.

Para ahli kesehatan menganjurkan untuk segera merubah gaya hidup bagi mereka yang memiliki potensi penyebab tekanan darah tinggi diatas. Khususnya bagi yang telah terindikasi penyakit hipertensi tersebut. Jalan terbaik dan paling sehat adalah melalui makanan, karena semua berawal dari apa yang anda makan akan menentukan apakah anda sehat atau sakit. Hindarilah makanan-makanan penyebab tekanan darah tinggi.


Sumber: ilmukesehatan.com




Update Berita Lainnnya

  • 11/09/2014: TESTIMONI

    http://anisnuryasmine.blogspot.com/2012/04/diet-ala-rosalin-klinik.html  http://chizumichi.blogspot.co.id/2015/09/the-journey-of-my-body.html

    More...

  • 05/02/2014: Ketika Pekerjaan Membuat Anda Lebih Gemuk, Lakukan Ini

    Kebanyakan pekerjaan kantoran memaksa seseorang untuk duduk lebih lama dan ngemil lebih banyak. Apakah pekerjaan Anda juga demikian? Saat bekerja, kita cenderung jarang bergerak, banyak berpikir dan cepat bosan. Saat inilah kecenderungan ngemil dan kenaikan berat badan menjadi begitu tinggi. Selain naik berat badan dan banyak ngemil, resiko penyakit seperti diabetes, migrain, dan imunitas menurun juga mengancam Anda. Oleh karena itu ada baiknya Anda melakukan beberapa hal di bawah ini. Mem...

    More...

  • 05/02/2014: Penyebab Tekanan Darah Tinggi

    Tekanan darah tinggi atau biasa disebut dengan hipertensi adalah sebuah penyakit yang mungkin bisa berbahaya jika tidak segera dilakukan pencegahan. Penyakit ini memiliki banyak pantangan jadi berhati-hatilah bagi anda yang mengidap penyakit darah tinggi ini atau hipertensi. Tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana tekanan darah pada pembuluh darah arteri lebih tinggi dari normal. Pembuluh darah arteri merupakan pembuluh darah yang memompa darah dari jantung keseluruh organ dan jaringan tubuh...

    More...

  • 29/01/2014: Pemeriksaan Kesehatan Sederhana yang Bisa Anda Lakukan Sendiri di Rumah

    Anda mungkin malas memeriksakan diri ke rumah sakit secara rutin. Jika demikian, berikut tujuh pemeriksaan sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. 1. Lakukan tes pernapasan Asma yang tidak ditangani merupakan pemicu 1,8 juta kunjungan ke ruang gawat darurat dan 4.000 kematian per tahunnya. Asma bisa membuat Anda kesulitan berolahraga dan melakukan aktivitas sehari-hari. Tapi, hal ini seringkali diabaikan, terutama di kalangan orang dewasa. Studi terbaru dengan melibatkan lebih dari ...

    More...

  • 27/01/2014: Penderita Obesitas Bisa ditangani dengan Akupuntur

    Obesitas sebenarnya bukan merupakan penyakit, namun hal ini bisa digolongkan kedalam masalah kesehatan yang nantinya akan menjadi penyebab timbulnya banyak penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan penyakit berbahaya lainya. Jika anda merasa kelebihan berat badan anda harus cepat menurunkan berat badan, bisa dengan diet atau anda dapat mencoba metode akupuntur. Perawatan Akupuntur Bagi Penderita Obesitas: Menekan Titik Lapar Untuk menghancurkan lemak jahat dalam tubuh, memperkuat organ t...

    More...