RosalinClinic.co.id

19 Maret 2019 ~ 12:35:49 WIB

Anti Aging

Aging atau penuaan. Proses penuaan kulit berlangsung secara lambat tetapi pasti, terutama pada wajah seperti terlihat keriput-keriput, lipatan-lipatan kulit, garis garis eksprersi yang lebih jelas, penurunan kulit (kendor) terutama pada dagu, kulit muka menjadi kering, tipis dan kasar, elastisitasnya berkurang, kadang disertai bercak bercak hiperpigmentasi dan bentukan tumor sehingga akan sangat mempengaruhi penampilan seseorang. Penampilan kulit wajah yang kurang menarik ini umumnya ditakuti dan tidak disenangi terutama oleh kaum wanita. Proses penuan kulit yang terjadi lebih awal disebut penuaan dini (premature aging). Banyak factor yang mempengaruhi terjadinya premature aging, baik dari dalam tubuh (faktor internal/intrinsik) maupun dari luar (faktor eksternal/ekstrinsik).

Proses premature aging terdiri dari :

  1. Proses Menua Intrinsik, atau proses menua sejati karena berlangsung alamiah, dari dalam tubuh sendiri secara fisiologis. Perubahan kulit menyeluruh sejalan dengan   bertambahnya usia.
  2. Proses Menua Ekstrinsik, terjadi akibat berbagai faktor dari (lingkungan) seperti matahari, perubahan iklim dan radical bebas yang dapat mempercepat proses menua pada kulit. Proses menua ekstrinsik yang paling cepat terlihat yaitu pada kulit yang sering terpajan wajah , leher, tangan.

Radiasi sinar matahari merupakan faktor yang paling utama yang mempengaruhi terjadinya penuaan kulit dini hal ini disebut photoaging.

Gambaran klinis penuaan kulit sebagai berikut:

  1. Kulit kering, disebabkan karena menurunnya fungsi/aktifitas kelenjar minyak, kelenjar keringat dan hormon estrogen, serta penguapan air yang berlebihan. Jumlah kelenjar keringat aktif menurun sehingga produksi keringat berkurang
  2. Permukaan kulit kasar, tipis dan bersisik, karena lapisan tanduk mudah lepas dan ada kecenderungan sel sel yang mati saling melekat di permukaan kulit. Selain itu terjadi kelainan pada proses keratinisasi, disertai perubahan ukuran dan bentuk sel lapisan tanduk, sebagian berkelompok dan mudah lepas sehingga terlihat sebagai sisik yang kasar.
  3. Kulit menjadi kendor terutama pada dagu, elastisitas berkurang, menggelantung dengan kerutan atau keriput (wrinkles) dan garis ekspresi lebih jelas. Keadaan ini disebabkan oleh karena perubahan faktor penunjang kulit, antara lain :              

    Sel pembentuk kologen berkurang, menyebabkan pembentukan baru dan penggantian yang tua menjadi lambat sehingga jumlah berkurang

    Serat elastin lebih mengeras dan menebal sehinggga daya kenyal berkurang dan kulit menjadi kurang lentur, tak dapat tegang

    Proses menua pada tulang dan otot mengecil (atrofi) dan jaringan lemak bawah kulit menipis disertai kehilangan daya kenyalnya

    - Pengaruh kontraksi otot mimik yang tidak diikuti kontraksi kulit yang sesuai sehingga terlihat alur keriput didaerah wajah 

  4. Bercak pigmentasi tidak merata pada permukaan kulit karenadistribusi pigmen melanin dan prolifrasi sel pembuat pigmen (melanosit), disertai fungsi yang menurun sehingga pengumpulan pigmen melanin tidak teratur.

Anda tidak bisa mengembalikan waktu dan menjadi muda. Anda dapat terlihat muda dan lebih menarik dengan perawatan anti penuaan atau lebih dikenal dengan anti aging. Anti aging berarti anti penuaan adalah sediaan untuk mencegah proses degeneratif. Upaya mengembalikan kulit menjadi elastis kembali dan mencegah/menghambat proses penuaan merupakan aplikasi dari anti-aging medicine. Dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang terpenting adalah melakukan perawatan kulit (skin care) sedini mungkin.