RosalinClinic.co.id

20 Mei 2019 ~ 12:13:42 WIB

Diet Program

Apa Sich Obesitas Atau Kegemukan?

Obesitas atau kegemukan diperkirakan akan menjadi musuh kesehatan baru dan nomor satu di negara-negara maju. Dampak kegemukan mirip dengan rokok.

Definisi gemuk atau kegemukan sangat bervariasi terggantung bagaimana kita memandangnya namun secara umum kegemukan adalah kelebihan lemak tubuh yang dialami oleh seseorang secara kronis. Pada kondisi normal, lemak tubuh berfungsi sebagai cadangan energi, pengatur suhu tubuh, pelindung dari trauma dan fungsi-fungsi lainnya.

 

Apa yang menyebabkan kegemukan?

Keseimbangan antara asupan kalori dengan pengeluaran energi akan menjaga keseimbangan berat badan seseorang. Jika seseorang memakan banyak kalori sementara pembakarannya menjadi energi kurang maka cadangan kalori akan disimpan dalam bentuk lemak yang akan membuat berat badan orang tersebut meningkat. Sebagian besar penyebab kegemukan adalah tingginya konsumsi kalori tanpa dibarengi oleh aktifitas fisik yang memadai. Beberapa penyebab kegemukan adalah :

          * Keturunan (Genetik)

        * Terlalu banyak makan

        * Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana

        * Frekuensi makan

        * Metabolisme yang lambat

        * Kurangnya aktifitas fisik

        * Obat obatan

        * Faktor psikologis

        * Penyakit hipotiroid, resistensi insulin, PCO, dan sindroma cushing.

 

Apa saja faktor resiko yang berhubungan dengan kegemukan?

Obesitas merupakan masalah kesehatan yang sangat serius. kematian per tahun disebabkan oleh faktor kegemukan. Obesitasmeningkatkan resiko terjadinya sejumlah penyakit menahun seperti:

        * Resistensi Insulin (Diabetes Melitus Tipe 2)

        * Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

        * Peningkatan Kadar Kolesterol (hypercholesterolemia).

        * Stroke.

        * Serangan Jantung

        * Gagal Jantung.

        * Kanker (jenis kanker tertentu, misalnya kanker prostat dan kanker usus besar)

        * Batu Empedu.

        * Radang Sendi (Gout).

        * Osteoporosis.

        * Gangguan Tidur.

Cara mengukur obesitas paling sederhana adalah dengan mengukur lingkar pinggang . Bagi pria,dikatakan gemuk, jika lingkar pinggangnya di atas 88 cm, sedangkan bagi perempuan jika lingkar pinggangnya di atas 86 cm. 

Untuk mencegah obesitas dan resiko kesehatan lainnya agar tidak terjadi dalam diri, tentunya anda bisa melakukan diet dengan metode auriculoaccupunture dan menerapkan pola hidup yang baru, dan itu hanya terdapat di klinik bernama Rosalin’s Clinic Slimming and Beauty Center, yang terletak di Jl. Supratman no.38 Bandung 40121, JawaBarat, tlp. 022- 7271663, 7231007, 7216984.

Adalah salah satu klinik yang menyediakan therapy dan treatment untuk obesitas yang mengikuti fisiologis tubuh dengan pelayanan yang bersifat menyeluruh, tidak terbagi-bagi, dan sebagai satu keseluruhan utuh, sehingga mengembalikan personal seseorang menjadi pribadi yang lebih berharga.

Beberapa cara yang kami lakukan dalam menangani obesitas, antara lain : diet disertai auriculoaccupunture, medical therapy, pengaturan pola makan dan berbagai treatment tubuh.